Kamis, 30 Oktober 2008

Facelift Avanza 2008


Menginjak 4 tahun Toyota Avanza wara-wiri di tanah air, kali ini PT Toyota Astra Motor, ATPM Toyota merilis Avanza berwajah baru. Termasuk varian bermesin 1.500 cc dengan transmisi otomatik dengan harga Rp 153 juta (on the road, Jakarta) ini. Meski tergolong minor change, namun ada beberapa hal penting yang ditambahkan pada Avanza versi teranyar ini. Apa saja?

Faktor Keselamatan
Avanza 1.5 S A/T baru ini memiliki fitur paling lengkap. Tentunya hal berbeda dengan varian lain sudah tampak pada eksteriornya. Bumper depan dengan gril dan air duct di bagian bawah bumper lebih besar, mencirikan tampang lebih besar dan mewah. Begitu juga dengan garnish fog lamp barunya, tampilannya jauh berubah dari versi lama.

Sementara aksen di spion dengan lampu sein berdesain baru. Memang ada kelengkapan lain yang ada di dalam interior. Setir dengan 4 spoke, memberi kesan berbeda, seolah mengendarai mobil kelas di atasnya. Lantas, fasilitas lain yaitu sistem audio dengan headunit 2 DIN dengan 4 speaker dan 2 tweeter yang tertanam di pilar A, membuat alunan lagu terdengar lebih baik.

Sangat disayangkan, alunan lagu ini tak selalu terdengar jelas. Ketika tunggangan diajak melaju hingga kecepatan agak tinggi, suara audionya mesti sedikit bersaing dengan suara yang ikut terdengar ke dalam kabin. Meski tak terlalu bising, tampaknya dengan menambahkan sedikit peredam suara, masalah ini bisa teratasi.

Tetapi, ada hal penting yang boleh diacungi jempol pada Avanza ini. Dengan mengusung harga sedikit di atas Rp 150 juta, memang sudah sepantasnya faktor keselamatan diutamakan.





Avanza 1.5 S A/T ini sudah dilengkapi peranti persneling dengan pola gate. Jelas pola ini mampu menyiasati kemungkinan terjadinya human error, yaitu salah masuk posisi pada tuas matik yang sangat potensial terjadi pada tuas dengan pola in-line (segaris) yang sanggup berpindah dengan satu garis lurus saja (meski sudah dilengkapi tombol shifter, tentunya).

Hal lain, yaitu penggunaan rem ABS. Peranti ini sudah terbukti memberikan kendali lebih baik saat pengereman mendadak yang dilakukan sambil bermanuver. Dengan ABS, roda tak mungkin terkunci, sehingga kemudi masih bisa dikendalikan dan arah tunggangan pun terkontrol. Tentu hal lebih baik lagi jika peranti keselamatan lain, seperti SRS Airbag dijadikan standar.






Hasil Tes Akselerasi
0-100 km/jam 14,1 detik
40-80 km/jam 5,8 detik
0-402 m 19,3 detik
Pengereman 100-0 km/jam 41 m

Konsumsi bahan bakar (Liter/km)
Dalam kota 1/9,9
Konstan 100 km/jam 1/13,6 Luar kota 1/11,4

Data spesifikasi
Dimensi (pxlxt) 4.120x1.630x1.695 mm
Wheelbase 2.655 mm Mesin 3SZ-VE, 1.495 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, VVT-i Tenaga maksimum 109 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum 141 Nm/4.400 rpm
Rem depan/belakang Cakram, ABS/Teromol, ABS
Suspensi dpn/blk MacPherson Strut dengan per keong dan stabilisator/4 link dengan per keong dan lateral rod

Sumber : Otomotifnet.com

>>>>>>>>>>>>>>>>> ALWAYS OTOMOTIF<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Rabu, 22 Oktober 2008

Kunci mobil BMW berfungsi juga sebagai kartu kredit


MUNICH - Tak terbayangkan sebelumnya, kunci mobil dapat berfungsi sebagai kartu kredit. Namun hal itu akan menjadi kenyataan dan BMW bisa jadi produsen mobil pertama yang mewujudkannya.

BMW menggandeng perusahaan NXP akan melengkapi kunci mobilnya dengan microchip yang dapat menampung data seperti pada kartu kredit. Kunci mobil ini nantinya dapat digunakan untuk membayar parkir, servis, tol, membeli kebutuhan sehari-hari, dan fesyen.

Kedua pihak menyatakan, ini merupakan terbosan dalam memberikan kemudahan konsumen BMW dalam beraktivitas sehari-hari. "Dengan konsep ini, kami ingin memadukan antara teknologi automotif dan gaya hidup," kata Raymond Freymann, Managing Director BMW Group untuk penelitian dan teknologi.

Menurut Freymenn, pihaknya meningkatkan keamanan dengan sistem canggih sehingga konsumen tak perlu khawatir jika kunci hilang. Asal pengguna langsung melapor setelah kunci hilang.

Untuk melancarkan rencanan ini, BMW dan NXP akan mengadakan pembicaraan kerjasama dengan kalangan bank dan perusahaan retail. Belum ada penjelasan pasti dari pihak BMW, kapan kunci kartu kredit ini akan dilempar ke pasar. Yang jelas, saat ini BMW dan NXP sudah siap dengan prototipenya.

BMW menjadi salah satu produsen mobil yang berkreasi dengan kunci mobilnya. Awal bukan ini, Ford Motor mengumumkan akan membuat kunci mobil MyKey yang juga dapat digunakan untuk menyeting kecepatan, traksi, dan fungsi lainnya.

Sumber : www.okezone.com

>>>>>>>>>>>>>>>>> ALWAYS OTOMOTIF<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Hayo, ini mobil atau motor ya ?


Hayo, apa teman2 bisa nebak gambar disamping ini ? Mobil atau motor ?



SEKILAS kendaraan ini nampak seperti mobil. Namun siapa kira kalau kendaraan yang dinamakan Energya ditenagai dengan mesin sepeda motor.

Kendaraan sudah menjadi bagian dari lifestyle bukan sekedar alat transportasi lagi. Sehingga desainnya pun kini semakin berkembang. Seperti dilakukan perusahaan dari Kanada Higgins-Aubé yang membuat kendaraan dengan 3 roda. Kontroversi dari apakah ini mobil atau motor pun terjawab. Higgins tak ingin ambil pusing sehingga menyebut Energya, dengan motomobil atau setengah motor dan setengah mobil.

Energya, diproduksi untuk memenuhi selera konsumen akan kendaraan yang tidak serumit mobil, namun menyenangkan dikendarai seperti sepeda motor.

Pada kenyataanya tak ada orang yang ingin mengendarai motor dengan kaki menyentuh tanah. Namun mereka bisa merasakan kenyamanan saat melaju dalam kecepatan tinggi. Di saat yang sama, orang juga menginginkan nuansa yang berbeda dengan mobil, merasakan hembusan angin langsung ke tubuh.

Energya dilengkapi dengan mesin sepeda motor dengan sistem transmisi enam percepatan gearbox. Meski demikian akselerasinya tak kalah dengan mobil sport. Energya mampu melahap kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam 4 detik. Untuk mencapai kecepatan tersebut, mesin Energya mampu mengeluarkan tenaga hingga 200 hp. Bobotnya mencapai 350 kg, tak berbeda jauh dengan superbike.

Rahasia kenyamana juga terdapat pada suspensinya yang menggunakan formasi berbentuk "A" dengan peredam guncangan sehingga menambah kenyamanan pengemudi dan penumpangnya yang tepat berada di atas posisi satu roda di belakang. Material yang digunakan pun menggunakan bahan ringan untuk menambah kemampuan bermanuvernya.

Higgins sendiri menargetkan motomobile ini akan diproduksi masal dalam 18 bulan. Selain, memperkenalkan versi mesin konvensionalnya, Higgins juga berencana memproduksi versi penggerak listrik.

Sumber : www.okezone.com

>>>>>>>>>>>>>>>>> ALWAYS OTOMOTIF<<<<<<<<<<<<<<<<<<

SELAMAT DATANG DISITUS ALWAYS OTOMOTIF

Saya ucapkan Terima Kasih atas kesediaan Anda utk mengunjungi blog saya...

Blog ALWAYS OTOMOTIF berisi tentang informasi lengkap tentang dunia otomotif di Indonesia maupun di luar Negeri... Jadi, selamat menikmati dan menambah ilmu Anda tentang otomotif di blog saya yg bernama ALWAYS OTOMOTIF....