Kamis, 30 Oktober 2008

Facelift Avanza 2008


Menginjak 4 tahun Toyota Avanza wara-wiri di tanah air, kali ini PT Toyota Astra Motor, ATPM Toyota merilis Avanza berwajah baru. Termasuk varian bermesin 1.500 cc dengan transmisi otomatik dengan harga Rp 153 juta (on the road, Jakarta) ini. Meski tergolong minor change, namun ada beberapa hal penting yang ditambahkan pada Avanza versi teranyar ini. Apa saja?

Faktor Keselamatan
Avanza 1.5 S A/T baru ini memiliki fitur paling lengkap. Tentunya hal berbeda dengan varian lain sudah tampak pada eksteriornya. Bumper depan dengan gril dan air duct di bagian bawah bumper lebih besar, mencirikan tampang lebih besar dan mewah. Begitu juga dengan garnish fog lamp barunya, tampilannya jauh berubah dari versi lama.

Sementara aksen di spion dengan lampu sein berdesain baru. Memang ada kelengkapan lain yang ada di dalam interior. Setir dengan 4 spoke, memberi kesan berbeda, seolah mengendarai mobil kelas di atasnya. Lantas, fasilitas lain yaitu sistem audio dengan headunit 2 DIN dengan 4 speaker dan 2 tweeter yang tertanam di pilar A, membuat alunan lagu terdengar lebih baik.

Sangat disayangkan, alunan lagu ini tak selalu terdengar jelas. Ketika tunggangan diajak melaju hingga kecepatan agak tinggi, suara audionya mesti sedikit bersaing dengan suara yang ikut terdengar ke dalam kabin. Meski tak terlalu bising, tampaknya dengan menambahkan sedikit peredam suara, masalah ini bisa teratasi.

Tetapi, ada hal penting yang boleh diacungi jempol pada Avanza ini. Dengan mengusung harga sedikit di atas Rp 150 juta, memang sudah sepantasnya faktor keselamatan diutamakan.





Avanza 1.5 S A/T ini sudah dilengkapi peranti persneling dengan pola gate. Jelas pola ini mampu menyiasati kemungkinan terjadinya human error, yaitu salah masuk posisi pada tuas matik yang sangat potensial terjadi pada tuas dengan pola in-line (segaris) yang sanggup berpindah dengan satu garis lurus saja (meski sudah dilengkapi tombol shifter, tentunya).

Hal lain, yaitu penggunaan rem ABS. Peranti ini sudah terbukti memberikan kendali lebih baik saat pengereman mendadak yang dilakukan sambil bermanuver. Dengan ABS, roda tak mungkin terkunci, sehingga kemudi masih bisa dikendalikan dan arah tunggangan pun terkontrol. Tentu hal lebih baik lagi jika peranti keselamatan lain, seperti SRS Airbag dijadikan standar.






Hasil Tes Akselerasi
0-100 km/jam 14,1 detik
40-80 km/jam 5,8 detik
0-402 m 19,3 detik
Pengereman 100-0 km/jam 41 m

Konsumsi bahan bakar (Liter/km)
Dalam kota 1/9,9
Konstan 100 km/jam 1/13,6 Luar kota 1/11,4

Data spesifikasi
Dimensi (pxlxt) 4.120x1.630x1.695 mm
Wheelbase 2.655 mm Mesin 3SZ-VE, 1.495 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, VVT-i Tenaga maksimum 109 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum 141 Nm/4.400 rpm
Rem depan/belakang Cakram, ABS/Teromol, ABS
Suspensi dpn/blk MacPherson Strut dengan per keong dan stabilisator/4 link dengan per keong dan lateral rod

Sumber : Otomotifnet.com

>>>>>>>>>>>>>>>>> ALWAYS OTOMOTIF<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Tidak ada komentar: